Mendekatkan yang Jauh, Menjauhkan yang Dekat


Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu sangatlah pesat. Tak heran jika menjadikan teknologi menjadi kebutuhan dasar manusia.  Dari yang tua dan yang muda, yang kaya dan miskin kerap menggunakan teknologi dalam berbagai kehidupan sehari-harinya.

Kegunaan teknologi pun beragam seperti alat transportasi, bidang kesehatan maupun media untuk mendapatkan informasi.

Teknologi di Indonesia saat ini mungkin bisa di kategori kan modern. Dikota besar sudah banyak infrastruktur yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan akan transportasi yang cepat dan efektif. Namun apakah di luar kota atau di kota kecil bahkan pelosok sudah menikmati hasil dari perkembangan tehnologi ini? Kenapa kok ga di kampung-kampung yang dibangun monorel? kenapa cuma di Jakarta aja?


Karena pada dasarnya kemajuan teknologi berpatokan pada kebutuhan dan manusia semakin berinovasi untuk mengambil jalan keluar dari masalah yang dihadapinya.

Dikota besar dibangun monorel karena membutuhkan alat transportasi yang mumpuni mencegah macet, sehingga dengan adanya monorel  pengguna kendaraan pribadi dapat beralih ke kendaraan masal.

Begitulah contoh pemanfaatan teknologi yang berdampak baik.

Segi teknologi dari media informasi atau hiburan.

Dulu Indonesia memiliki  masyarakat dengan jiwa sosial yg tinggi, rukun dan damai.


Ini adalah ilustrasi di kampungku pada waktu masih kecil. Jadi setiap kampung yang memiliki televisi hanya beberapa saja, yang tidak punya bisa nonton rumah tetangga. Tampak kerukunan terjalin.

Namun berbeda sekarang...


Hampir disetiap rumah terdapat televisi, bahkan satu rumah bisa 2 atau 3 televisi.

Memang hal yang lumrah,

Namun  membuat jiwa sosial masyarakat menurun, karena mereka hanya menonton televisi di rumah jarang untuk keluar rumah untuk sekedar ngobrol sambil menonton televisi bersama.

Itu adalah dampak media teknologi hiburan terhadap kultur sosial masyarakat Indonesia.

Selain itu dari segi media teknologi komunikasi.


Dulu telepon digunakan untuk berkomunikasi antar saudara atau teman yang jauh. Bagaimana kita bisa menjalin hubungan walaupun terpisah dengan mereka.

Sehingga alat komunikasi yang populer waktu itu terus berkembang sampai pelosok desa. Saking populer semua orang ingin mencobanya. Kadang harus menunggu beberapa menit bahkan jam agar mendapat giliran menelpon.

Namun itu lah proses, dengan alasan kebutuhan kita lagi-lagi harus mengembangkan teknologi.

Baik untuk kemajuan tehnologi tapi..

Sekarang komunikasi tak sepenting dulu, komunikasi yang dulunya bisa mendekatkan hubungan antar yang jauh.


Sekarang dapat menjauhkan yang dekat. Ketika berkumpul, sibuk dengan ponsel masing-masing, sibuk main sosmed, sibuk main game dls. Sehingga waktu berkumpul tidak digunakan untuk kegiatan berguna seperti ngobrol atau sharing-sharing cerita.

Tidak tau seperti apa Indonesia di masa mendatang.

Berharap kedepannya indonesia tetap memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Masyarakat yang dulu mengayomi satu sama lain karena kedatangan teknologi seakan mereka lupa caranya berhubungan satu dengan lainnya.

Inovasi dalam kehidupan sosial.

Untuk inovasi kedepannya masyarakat lebih cermat menggunakan teknologi sehingga semakin majunya teknologi tidak mempengaruhi kultur budaya masyarakat Indonesia. Mengurangi pemakaian sosmed merupakan inovasi yang wajib dicoba. Mencoba dengan membuat perpustakaan online, sehingga menciptakan budaya baca.

Membuat perpustakaan yang dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat, tidak terkendala biaya.

Sekian, terima kasih..

Bersama URINDO Raih Prestasi:
Cari Informasi Kuliah di URINDO :
www.urindo.ac.id

Lomba ini diselenggarakan oleh:
BEM FRI URINDO
Terus pantau kegiatan menarik kamu di:
www.bemfti.urindo.ac.id


No comments:

Post a Comment